Migrasi dari Universal Analytics ke Google Analitycs 4

Universal Analytics tidak akan lagi memproses data baru di properti standar mulai tanggal 1 Juli 2023. Bersiap sekarang dengan menyiapkan dan beralih ke properti Google Analytics 4.

Kalau kita membuka Google Analytics,kita akan menemukan notifikasi seperti tertulis diatas.Notifikasi yang menyebutkan bahwa Universal Analitycs,property Google Analytics yang dipakai saat ini,tidak akan lagi beroperasi mulai tanggal 1 Juli 2023 dan akan digantikan oleh Google Analytics 4.

Universal Analytics sendiri merupakan property Google Analytics generasi sebalum 14 Oktober 2020.Jika Anda telah melakukan pengaturan di Google Analytics sebelum tanggal 14 Oktober 2020, maka dapat dipastikan Anda menggunakan properti Universal Analytics karena Universal Analytics merupakan jenis properti default untuk situs sebelum tanggal tersebut.

Salah satu alasan digantikannya Universal Analitycs dengan Google Analytics 4 adalah perubahan besar dalam perilaku konsumen dan pengetatan privasi pengguna sehingga memungkinkan pengguna untuk menghindari pelacakan / tracking secara langsung maupun melalui aplikasi pihak ketiga sehingga membuat pendekatan analitik dengan Universal Analytics saat ini tidak lagi optimal.

Dalam Introducing the new Google Analytics, Vidhya Srinivasan – VP/GM Buying, Analytics and Measurement, Google Ads – ,mengemukakan bahwa untuk mendapatkan ROI yang lebih baik dari pemasaran jangka panjang, kami membuat Google Analytics 4.Google Analytics baru yang lebih cerdas dan dibangun di atas fondasi properti Aplikasi + Web yang telah diperkenalkan dalam versi beta tahun lalu. Google Analytics 4 merupakan sebuah mesin pembelajaran yang pada intinya secara otomatis memunculkan wawasan bermanfaat dan memberi Anda pemahaman lengkap tentang pelanggan Anda di seluruh perangkat dan platform.Berfokus pada privasi pengguna, sehingga Anda dapat mengandalkan Analytics bahkan saat terjadi perubahan trend pada industri industri seperti pembatasan cookie dan pengidentifikasi pelanggan menciptakan celah dalam sebuah data.Google Analytics baru akan memberi Anda wawasan penting yang Anda butuhkan untuk siap menghadapi langkah selanjutnya.

Perbedaan metric Universal Analytics (UA) dan Google Analytics 4 (GA4)

  • Pengguna

MetricUAGA4
Total PenggunaMetric Pengguna Utana di UA : Total jumlah penggunaTotal jumlah pengguna
Pengguna Baru Jumlah pengguna yang berinteraksi dengan situs Anda untuk pertama kalinyaJumlah pengguna yang berinteraksi dengan situs Anda atau membuka aplikasi Anda untuk pertama kalinya
Pengguna AktifTidak adaMetrik pengguna utama di GA4: Jumlah pengguna yang telah aktif dalam jangka waktu 28 hari
  • Kunjungan halaman

MetricUAGA4
Kunjungan halamanTotal jumlah halaman yang dilihat. Tampilan berulang satu halaman akan dihitung.atau disebut juga Tampilan: Total jumlah layar aplikasi dan/atau halaman web yang dilihat pengguna Anda. (Metrik Tampilan yang ada di antarmuka pelaporan merupakan kombinasi kunjungan halaman dan tampilan layar.) Tampilan berulang satu layar atau halaman akan dihitung.
Kunjungan halaman unikTotal jumlah halaman yang dilihat, tetapi tampilan duplikat tidak akan dihitungTidak ada
  • Pembelian

MetricUAGA4
Pembelian-Peristiwa purchase diaktifkan dalam model Enhanced E-commerce
-Data diambil dari array products melalui JavaScript yang disediakan Google Analytics dan dikumpulkan dalam peristiwa purchase saat Anda memilih untuk mengirim peristiwa tersebut
-Peristiwa purchase direkomendasikan dan mengumpulkan data dengan cara yang sama seperti UA, tetapi tetap memiliki perbedaan
-Tidak menyediakan JavaScript tambahan untuk pengumpulan array dan Anda harus menyediakan array items saat mengumpulkan peristiwa purchase secara mandiri (meskipun saran ini juga berlaku untuk pengisian objek lapisan data)
  • Sesi

MetricUAGA4
SesiDurasi pengguna secara aktif berinteraksi dengan situs, aplikasi Anda, dll.atau disebut juga Awal Sesi
Telah menentukan parameter untuk kemungkinan penyebab suatu sesi berakhir, misalnya, sesi akan berakhir jika tidak ada aktivitas lebih dari 30 menit (bergantung pada setelan waktu tunggu sesi), stempel waktu diakhiri pada tengah malam (berdasarkan zona waktu yang ditetapkan untuk tampilan), atau terdapat parameter kampanye baru. Dihitung saat peristiwa session_start baru terjadi, yaitu saat pengguna berinteraksi dengan aplikasi atau situs
Jika pengguna kembali setelah waktu tunggu sesi habis, sesi baru akan dimulaiSesi tidak dimulai ulang pada tengah malam atau saat terdapat parameter kampanye baru
Jika pengguna berada di situs saat hari berganti, sesi baru akan dimulai
Jika pengguna memiliki parameter kampanye baru saat berada di situs, sesi baru akan dimulai
  • Metrik Akuisisi berbasis Traffic/Sesi

MetricUAGA4
Metrik Akuisisi berbasis Traffic/SesiDitemukan di bagian Akuisisi dalam sejumlah laporan berbeda, seperti laporan Saluran atau laporan Sumber/Media

Saluran atau Sumber/Media adalah dimensi yang dianalisis berdasarkan metrik seperti Pengguna dan Sesi
Metrik akuisisi traffic dapat ditemukan di laporan Akuisisi Traffic

Dimensi Saluran atau Sumber/Media diukur berdasarkan metrik seperti Pengguna dan Sesi

Perhatikan bahwa perbedaan utama yang mungkin Anda lihat antara UA dan GA4 terkait metrik akuisisi selaras dengan perbedaan yang akan Anda lihat untuk metrik Pengguna atau Sesi
  • Konversi

MetricUAGA
KonversiAnda menentukan sasaran untuk menunjukkan bahwa tindakan pengguna tertentu akan dianggap sebagai konversi. Misalnya, jika Anda menentukan sasaran “Pengiriman Formulir”, konversi akan dicatat setiap kali pengguna mengirimkan formulir.

UA menghitung hanya satu konversi per sesi untuk setiap sasaran. Jadi, jika pengguna mengirimkan formulir dua kali selama sesi yang sama, konversi yang akan dihitung untuk sasaran “Pengiriman Formulir” hanya satu.
Anda menentukan peristiwa konversi untuk setiap tindakan yang ingin dihitung sebagai konversi. Misalnya, jika Anda menentukan bahwa peristiwa "Pengiriman Formulir" adalah peristiwa konversi, konversi akan dicatat setiap kali pengguna mengirimkan formulir.

GA4 menghitung setiap peristiwa konversi, meskipun peristiwa konversi yang sama dicatat beberapa kali selama sesi yang sama. Jadi, jika pengguna mengirim formulir dua kali selama sesi yang sama, konversi yang akan dihitung adalah dua.
  • Rasio Pantulan vs Rasio Engagement

MetricUAGA4
Rasio PantulanPersentase sesi satu halaman tanpa interaksi dengan halaman. Sesi pantulan memiliki durasi 0 detik. Misalnya, jika pengguna membuka situs Anda dan melihat konten di halaman beranda selama beberapa menit, tetapi keluar dari situs tanpa mengklik link atau memicu peristiwa apa pun yang tercatat sebagai peristiwa interaksi, sesi akan dihitung sebagai pantulan.Tidak ada
Rasio EngagementTidak adaPersentase Sesi Engagement. Sesi Engagement adalah jumlah sesi yang berlangsung lebih dari 10 detik, memiliki peristiwa konversi, atau memiliki minimal 2 kunjungan halaman atau tampilan layar.
  • Jumlah peristiwa

MetricUAGA4
Total Peristiwa

Peristiwa Universal Analytics memiliki Kategori, Tindakan, dan Label, serta merupakan jenis hit tersendiri.

Misalnya, peristiwa dapat disiapkan untuk mencatat bahwa tombol pendaftaran telah diklik. Peristiwa tersebut mungkin memiliki Kategori "CTA", Tindakan "Pendaftaran", dan Label yang berupa URL tujuan.

Total Peristiwa bertambah setiap kali peristiwa Kategori/Tindakan/Label dipicu
Tidak ada
Jumlah peristiwaTidak adaSemua "hit" adalah peristiwa dan peristiwa GA4 tidak memiliki konsep Kategori, Tindakan, atau Label. Misalnya, saat seseorang melihat salah satu halaman situs Anda, peristiwa page_view akan dipicu.

Semua tindakan adalah peristiwa. Setiap nama peristiwa tidak selalu unik (bahkan, Anda disarankan untuk menggunakan kembali nama peristiwa yang sama berkali-kali, guna membedakan peristiwa dengan nilai parameter yang dikumpulkan). Misalnya, pendaftaran mungkin memiliki nama peristiwa sign_up dengan parameter page_location, product, form_id, dan seterusnya. Nama peristiwa yang sama dapat (dan harus) digunakan untuk setiap tombol daftar di seluruh situs (sedangkan di UA, sebaiknya Anda memberikan nama peristiwa unik untuk setiap tombol).
  • Rata-rata Waktu di Halaman vs. Rata-rata Waktu Engagement

MetricUAGA4
Rata-rata Waktu di HalamanJumlah waktu rata-rata yang dihabiskan pengguna untuk melihat halaman atau layar tertentu, atau serangkaian halaman atau layar tertentu.

Penghitungan ini tidak mempertimbangkan waktu di halaman untuk halaman terakhir pada suatu kunjungan (dengan kata lain, metrik hanya dihitung pada halaman yang memiliki kunjungan halaman lain yang dilacak persis setelahnya).

Rata-rata Waktu di Halaman adalah nilai ini dikelompokkan menurut Halaman.

Metrik ini tersedia di laporan "Semua Halaman".
Tidak ada
Rata-rata Waktu EngagementTidak adaDurasi rata-rata aplikasi berada di latar depan atau situs memiliki fokus di browser.

Rata2 Waktu Engagement mengelompokkan ini menurut Pengguna.

Metrik ini tersedia di laporan "Halaman dan Layar".
  • Rata-rata Durasi Sesi vs Rata-rata Waktu Engagement per Sesi

MetricUAGA4
Rata-rata Durasi SesiRata-rata durasi sesi, berdasarkan waktu antara interaksi terakhir dan interaksi pertama dari suatu sesi

Hanya dihitung untuk sesi yang tidak dianggap sebagai "pantulan", karena sesi harus memiliki lebih dari satu kunjungan halaman yang dilacak agar dapat menghitung awal dan akhir sesi

Tidak memperhitungkan waktu yang dihabiskan di halaman keluar karena tidak ada kunjungan halaman yang dilacak setelah halaman tersebut
Tidak ada
Rata-rata Waktu Engagement per SesiTidak adaDurasi engagement pengguna per sesi

Tiga langkah menyiapkan akun Google Analyitcs 4

  • Membuat akun

    • Pembuatan akun
      • Masuk ke Google analytics,di kolom akun klik Buat akun

Buat akun Google Analytics 4

      • Masukkan nama akun dan setelan berbagi data dengan memberikan chek list ( default Tolok ukur,dukungan teknis dan Pakar akun ) ,kemudian klik berikutnya.

Setelan berbagi data Google Analytics

    • Penyiapan Properti
    • Masukkan nama properti
    • Setting lokasi,zona waktu dan mata uang

Penyiapan properti Google Analytics

    • Tentang bisnis anda
      • Berisi pengaturan tentang bisnis dan penggunaan Google Analytics 4.Pilih salah satu kategori bisnis,ukuran bisnis dan cara menggunakan Google Analytics 4 dengan bisnis anda.Klik berikutnya dan berikan persetujuan layanan dan ketentuan,maka akun Google Analytics 4 sudah jadi.

Tentang bisnis Google analytics 4

  • Menyiapkan aliran data untuk mengumpulkan data

    • Pilih platform yang dijalankan,website,aplikasi android atau aplikasi iOS
    • Masukkan website dan nama aliran data

aliran data Google Analytics 4

  • Menghubungkan Google Analytics 4 dengan WordPress

    • Dapatkan ID pengukuran untuk dimasukkan ke website

ID pengukuran Google Analytics 4

    • Di website,instal Google Analytics plugin Analisa Insights for WordPress
    • Aktifklan plugin,klik Analisa Insights -> General Setting –> Authorize Plugin
    • Masuk ke akun Google Analytics dan plugin akan mendeteksi ID Pengukuran dan Properti Google Analytics 4 secara otomatis

Gambar dari Unsplash

 1,371 total views,  2 views today

Keseharian adalah praktisi jaringan Fiber Optik.Mempunyai kegiatan lain di bidang properti dengan mengelola web properti yang beralamat di https://property.birulangit.info Selain itu juga mengelola web periklanan yang beralamat di https://eklania.com dan web tutorial di https://beranitanya.blogspot.com ,
Pos dibuat 16

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas